Transformasi Tata Kelola Keuangan, Jasa Raharja Perkuat Efisiensi dan Akurasi Layanan Publik
Rabu, 17 Desember 2025 | 07:31:00 WIB
NASIONAL
57 Kali
Jakarta - Jasa Raharja resmi mengimplementasikan Sentralisasi Pembayaran Transaksi Keuangan per 1 Oktober 2025. Kebijakan ini menjadi tonggak penting dalam transformasi tata kelola keuangan perusahaan, yang diarahkan untuk meningkatkan efisiensi, akurasi proses bisnis, sekaligus memperkuat kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Program sentralisasi tersebut merupakan kelanjutan dari rangkaian transformasi yang telah dimulai sejak Februari 2025. Prosesnya dilakukan secara bertahap, mulai dari uji coba, pilot project, hingga Big Bang Implementation yang melibatkan seluruh Kantor Wilayah dan Kantor Cabang Jasa Raharja di seluruh Indonesia.
Melalui kebijakan ini, seluruh transaksi keuangan—baik santunan maupun non-santunan—disentralisasi ke Kantor Pusat. Langkah tersebut dirancang untuk mewujudkan proses pembayaran yang lebih cepat, transparan, serta akuntabel, seiring dengan tuntutan tata kelola keuangan modern.
“Sentralisasi ini lebih dari perubahan sistem, karena merupakan bagian dari transformasi menyeluruh untuk menciptakan proses bisnis yang lebih efisien, terintegrasi, serta berorientasi pada pelayanan publik yang unggul,” ujar Bayu Rafisukmawan, Direktur Keuangan Jasa Raharja.
Dengan sistem sentralisasi, seluruh proses persetujuan pembayaran kini dilakukan secara terpusat di Kantor Pusat. Sementara itu, Kantor Wilayah dan Cabang difokuskan pada pemenuhan kelengkapan dan keabsahan dokumen, serta optimalisasi pendapatan dan pelayanan kepada masyarakat.
Penerapan sistem ini juga didukung oleh pemanfaatan dashboard digital dan analisis data yang memungkinkan pemantauan transaksi secara real-time. Hal tersebut membuat pengawasan internal dan pengambilan keputusan keuangan dapat dilakukan secara lebih cepat, tepat, dan terukur.
Selain meningkatkan efektivitas operasional dan mitigasi risiko, sentralisasi ini turut memperkuat tata kelola perusahaan melalui sistem pengawasan melekat serta audit berbasis risiko. Kebijakan tersebut selaras dengan penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang secara konsisten dijalankan oleh Jasa Raharja.
“Dengan sistem yang tersentralisasi dan terdigitalisasi, seluruh proses keuangan dapat dilakukan lebih transparan dan efisien. Hal ini akan memperkuat kontrol internal serta memastikan penyaluran santunan dan layanan kepada masyarakat berlangsung tepat waktu,” jelas Bayu.
Sebagai bagian dari implementasi, Jasa Raharja juga melaksanakan program upskilling dan reskilling bagi pegawai di seluruh wilayah agar siap beradaptasi dengan sistem keuangan yang baru. Proses perubahan ini didukung melalui tahapan change management, seperti Townhall, Sosialisasi, dan Bimbingan Teknis (Bimtek), yang melibatkan lebih dari 1.600 insan Jasa Raharja di seluruh Indonesia.
Bayu menambahkan, “Penerapan sistem sentralisasi ini memberikan kontrol yang lebih kuat terhadap arus kas Perusahaan dan memastikan perencanaan keuangan berjalan lebih akurat dan efisien. Dengan basis data yang terintegrasi, kami dapat mengambil keputusan keuangan secara lebih cepat dan tepat, yang pada akhirnya berdampak langsung pada peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.”
Implementasi Sentralisasi Pembayaran Transaksi Keuangan ini menjadi bagian dari strategi besar transformasi Jasa Raharja menuju lembaga asuransi sosial yang adaptif, modern, dan berdaya saing tinggi. Melalui langkah tersebut, Jasa Raharja menegaskan komitmennya untuk menghadirkan layanan publik yang semakin cepat, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.
Berita Terkait
Operasi Lilin 2024/2025: Jasa Raharja Turunkan 2.000 Personel Siaga, Nataru Aman dan Terkendali!
Jumat, 27 Desember 2024 | 21:13:00 445 views
Operasi Lilin 2024/2025: Jasa Raharja Turunkan 2.000 Personel Siaga, Nataru Aman dan Terkendali!
Praktik Ilegal Pengisian BBM Solar di Jambi, Bukti Kebijakan Belum Tegas
Kamis, 26 Desember 2024 | 14:37:00 410 views
Catatan Mahmud Marhaba
Rivan A. Purwantono Dirut Jasa Raharja Siap Amankan Mobilitas 110 Juta Pergerakan pada Natal dan Tahun Baru 2024/2025
Rabu, 25 Desember 2024 | 16:54:00 362 views
Rivan A. Purwantono Dirut Jasa Raharja Siap Amankan Mobilitas 110 Juta Pergerakan pada Natal dan Tahun Baru 2024/2025
Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2024, Jasa Raharja Sampaikan Komitmen Dukung Upaya Strategis Seluruh Stakeholder
Minggu, 22 Desember 2024 | 12:42:00 416 views
Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2024, Jasa Raharja Sampaikan Komitmen Dukung Upaya Strategis Seluruh Stakeholder
KONI Jakarta Gelar Rakor, Menuju Persiapan Pelatda 2025
Minggu, 22 Desember 2024 | 23:41:00 407 views
KONI Jakarta terus bergerak usai pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024, KONI bersama seluruh Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor) menggelar konsolidasi
Artikel Terpopuler | 2024
KMS Ali Siliwangi: Hj Lidyawati, Pilihan Terbaik Untuk Kabupaten Lahat
POLITIK
2024-10-31 21:30:46 7080 views
Kegiatan Dapur Masuk Sekolah Kodam II/Sriwijaya Di Wilayah Kodim 0404/Muara Enim Berjalan Lancar
TNI
2024-10-18 19:29:45 6414 views
Seringnya Mati Lampu, Ali Pinta PJ Bupati Berikan Rekom Cepat Ganti Pimpinan PLN Lahat
NASIONAL
2024-11-08 17:05:26 5958 views